Mengenal Mobil-Mobil Tercepat di Dunia



Arena-arena Motor Show tahun ini tercatat memperlihatkan ciri tersendiri dalam memamerkan kuda tunggangan para executive driver. Bagaimana tidak? Lihat saja saat arena Frankfurt Motor Show yang digelar bulan September lalu. Dari Italia dan Perancis, lahirlah sosok mobil-mobil paling kencang sekaligus paling mahal di dunia.

Yang paling layak diperhatikan di sini adalah lahirnya dua kendaraan le
genda dunia, yaitu Bugatti EB 16.4 Veyron Pur Sang dan Lamborghini Reverton. Dua kendaraan ini terlihat sangat istimewa. Pur Sang yang dibenderol seharga 1.4 juta Euro atau sekitar 18 miliar rupiah memang menjadi yang termahal di dunia, sementara Reverton dibanderol seharga USD 1.4 juta atau sekitar 13 miliar rupiah. Keduanya menjadi sangat eksklusif karena dibuat dalam jumlah produksi yang sangat terbatas. Pur Sang misalnya, hanya dibuat tak lebih dari lima unit di seluruh dunia.

Reventon dan Pur Sang memang sangat eksklusif. Namun, apakah kaum eksklusif yang mampu membeli mobil-mobil itu bisa mengoptimalkan performa mobil-mobilnya? Belum tentu. Kekuatan Reventon dan Pur Sang kelewat mengagumkan. Kalau para pemilik Reventon atau Pur Sang tak punya nyali dan keahlian mengemudi seperti layaknya sang juara dunia Formula 1 Fernando
Alonso, mereka mungkin hanya bisa merasakan separuh atau seperempat kehebatan mobil-mobil itu.


Veyron Pur Sang adalah penge
mbangan dari Bugatti Veyron yang sudah menjadi kawakan sejak beberapa tahun silam. Mobil ini memiliki tampilan bodi serat karbon dan aluminium ciamik, yang menciptakan refleksi pahatan pada bodi. Percampuran material-material ini menimbulkan struktur gelap-terang dan menambah karakter mobil ini. Tak ada setetes pun cat yang melumuri bodi Pur Sang. Itulah sebabnya mobil ini disebut Pur Sang, yang berarti thoroughbred dalam Bahasa Inggris, atau darah murni.

Bobot mobil ini juga te
rbilang ringan, hanya 4.160 lbs atau sekitar 1.872 kilogram. Padahal, mesin mobil ini memiliki 16 silinder berkonfigurasi W16 dengan kapasitas 8.000 cc. Pur Sang yang sudah bertenaga itu masih dilengkapi dengan empat peranti turbocharger. Hasilnya, kekuatan mesin Pur Sang setara dengan 1.001 daya kuda dengan torsi maksimal 922 lb-ft pada 2.200 sampai 5.500 rpm. Dengan kekuatan ini, Pur Sang dapat digeber sampai kecepatan 400 km/jam, dan hanya butuh waktu 2.4 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi diam. Wuiih! Mendengarnya saja pasti akan membuat Anda menarik nafas panjang...

Kehebatan Pur Sang ternyata belum bisa ditandingi Lamborghini Reventon. Reventon yang banyak dipesan para milyader dunia ini masih berbasis Lamborghini Murcielago LP640. Bedanya, LP640 lebih murah 2.85 miliar rupiah. Reventon juga dirancang dari serat karbon dan memiliki sejumlah sudut tajam khas Lamborghini.

Karakter Reventon jelas cocok dengan Lamborghini, si banteng ketaton. Bobot Reventon sekitar 1.652 kilogram. Mesin Reventon sama dengan LP640, V12 dan berkapasitas 6.500 cc. Kekuatannya setara dengan 650 daya kuda pada 8.000 rpm dan torsi maksimalnya 487 lb-ft pada 6.000 rpm. Dengan mesin itu, Reventon bisa ngacir hingga 340 km/ jam. Dari posisi diam hingga kecepatan 100 km / jam, hanya butuh waktu 3.4 detik.

Sayang, hingga saat ini para pemesan Reventon masih harus menunggu. Sebab, mobil ini baru akan diproduksi pada Januari 2008. Pengiriman pertama banteng jagoan itu baru dimulai pada Oktober 2008. Nah buat para pencinta tunggangan roda empat harap bersabar, dan masih ada waktu untuk mengumpulkan rupiah demi rupiah agar ‘jagoan-jagoan jalanan’ ini bisa Anda tunggangi.

Ditulis oleh : The Roonders

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cukup Siapkan Rp 200 Juta, Bus pun Jadi.

Toyota Fortuner